Sejumput garam dalam air cucian bikin warna baju tak cepat luntur

Ilustrasi mencuci baju dengan garam. © Wikihow
Spread the love
Ilustrasi mencuci baju dengan garam. © Wikihow

Ilustrasi mencuci baju dengan garam. © Wikihow

Sejumput garam dalam air cucian bikin warna baju tak cepat luntur – Tahukah kamu, garam merupakan bahan ampuh untuk mempertahankan warna pada pakaian? Menambahkan garam saat pencucian pakaian bisa membuat pakaian berwarna cerah lebih awet. Metode pencucian ini paling pas untuk baju-baju dengan warna cerah yang biasanya cepat luntur.

Washing Machine Wizards menyarankan untuk menambahkan sekitar 2 sendok makan garam meja dalam air cucian. Tak hanya mempertahankan warna, garam juga bertindak sebagai pembersih noda yang membandel.

Rendam pakaian dalam air dingin yang sudah dicampur dengan garam selama beberapa waktu. Tunggu hingga garam terserap sempurna, kemudian cuci seperti biasa. Hal yang sama juga berlaku untuk pencucian dengan mesin.

Untuk pakaian berbahan denim, Reader’s Digest merekomendasikan campuran cuka dan garam untuk mempertahankan warna. Agar warna jeans tidak cepat pudar, rendam dalam larutan garam dan cuka dengan perbandingan 1:1.

Jangan lupa membalik jeans sebelum dicuci. Setelah itu keringkan dengan bagian dalamnya menghadap ke luar. Dengan begini, sinar matahari terus-menerus tidak akan melunturkan warnanya.

Kemeja berwarna cerah atau skinny jeans kesayanganmu sudah waktunya dicuci? Coba cara di atas, ya.

(Merdeka.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*